Langkah Cepat Kuasai Bahasa Mandarin Bagi Pemula

Belajar bahasa mandarin pemula

Salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia selain bahasa Inggris adalah bahasa mandarin. Hal itulah yang menjadi alasan paling kuat untuk kita menguasai bahasa mandarin. Sebagai tambahan, hingga tahun 2010 lalu, jumlah pengguna bahasa Tiongkok tersebut telah mencapai angka 960 juta jiwa. Angka sebesar itu tidak hanya berasal dari dalam negeri (Cina), tetapi juga tersebar di berbagai belahan dunia.

Belajar bahasa mandarin pemula
Belajar bahasa mandarin bagi pemula

Dengan banyaknya para pemakai bahasa mandarin dari segala penjuru dunia yang bahkan telah melebihi dari bahasa Internasional itu sendiri. Menjadikan bahasa mandarin memiliki pamor yang tinggi. Ditambah dengan kemajuan perekonomian Tiongkok yang semakin meningkat hingga mendapatkan julukan sebagai Macan Asia.

Sehingga menguasai bahasa tersebut begitu penting di era modern saat ini. Demi memudahkan dalam menjalin bisnis maupun di bidang lainnya dengan Tiongkok. Adapun dampak dari kondisi sekarang ini adalah semakin menjamurnya tempat-tempat kursus bahasa mandarin yang tersebar di berbagai wilayah. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lainnya.

Dan bagi Anda yang saat ini baru saja memulai bagaimana caranya mempelajari bahasa mandarin yang konon katanya telah menjadi bahasa internasional. Silahkan menyimak langkah-langkah cepat yang dijelaskan secara terperinci berikut ini.

Ilmu Dasar Bahasa Mandarin

PinYin
PinYin merupakan ilmu dasar dalam bahasa mandarin
  • Pin Yin

Langkah paling dasar dalam menguasai bahasa mandarin bagi Anda seorang pemula adalah dengan terlebih dahulu menguasai pin yin. Apa itu? Pin Yin adalah penulisan romawi yang berfungsi sebagai bunyi-bunyi dari setiap kata dalam bahasa mandarin.

Lebih dari itu, pin yin merupakan salah satu dari bentuk penyederhanaan. Dimana apabila Anda mempelajari bahasa mandarin seperti salah satunya di Taiwan. Maka Anda tidak akan menjumpai pin yin, melainkan yang bakal Anda dapatkan adalah bentuk-bentuk lain dari huruf bahasa mandarin. Namun dengan tujuan yang sama yakni melafalkan sebuah kata dalam bahasa mandarin.

Sehingga, Anda wajib untuk melafalkan sebanyak mungkin huruf-huruf yang ada di dalam Pin Yin. Dengan catatan, Anda melafalkannya dengan baik dan benar. Hal itu tentu sangatlah penting, mengingat terdapat banyak bunyi dalam bahasa asli Tiongkok yang tidak dapat diterjemahkan dan bahkan tidak terdapat kamus bahasa Indonesia.

Nada Dalam Bahasa Mandarin

Setelah Anda menguasai ilmu dasar dalam mempelajari bahasa mandarin yakni pin yin. Langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari nada dalam bahasa tersebut. Perlu diketahui, bahwa bahasa mandarin merupakan salah satu jenis bahasa yang memiliki nada. Itu artinya  bahwa apabila Anda melafalkan huruf atau kata dengan nada yang salah, maka makna dari kata tersebut akan berbeda ketika lawan bicara Anda mendengar.

Nada bahasa mandarin
Nada-nada dalam bahasa mandarin

Bahasa mandarin memiliki empat jenis nada yang berbeda. Jika Anda berpikiran bahwa dalam mempelajari keempat nada tersebut akan terasa sulit, terlebih membedakan keempatnya. Maka anggapan seperti itu dapat dikatakan benar. Terlebih bagi Anda yang merupakan seorang pemula.

Akan tapi hal itu bukanlah hal yang akan menjadi penghalang Anda dalam mempelajari bahasa mandarin. Mengingat sebuah proses itu sangat penting. Anda hanya cukup berlatih dan membutuhkan jam terbang. Adapun keempat nada dalam bahasa mandarin sebagai berikut:

  • Nada Satu

Nada satu adalah nada yang datar atau tinggi. Artinya, bahwa Anda cukup mengucapkan satu kata dengan nada tetap, tidak naik ataupun turun. Contohnya dalam mengucapkan kata “ma”, “ya”, simbolnya adalah “mā”

  • Nada Dua

Sementara untuk nada dua merupakan nada yang meningkat. Itu artinya, ada peningkatan nada pada saat Anda mengucapkan kata. Layaknya bahasa Indonesia ketika Anda bicara “Hah”. Adapun simbolnya adalah “má”

  • Nada Tiga

Nada tiga adalah nada yang yang melengkung dari atas lalu kebawah dan kembali keatas. Untuk penggunaan simbol pada nada ketiga ini yakni “mǎ”.

  • Nada Empat

Terakhir, nada empat merupakan nada yang terdengar menurun, dengan kata lain dari atas kemudian kebawah. Simbol dari nada ini adalah “mà”.