Bahasa Mandarin

Tidak Diduga, Ini Rahasia Orang Sukses Belajar Bahasa Mandarin

Dunia bisnis dan teknologi yang terus berkembang begitu pesat, memaksa kita untuk terus mengikuti perkembangan zaman. Salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk tetap bertahan akan kemajuan zaman saat ini adalah dengan mempelajari bahasa mandarin.

Bahasa Mandarin
Pentingnya Bahasa Mandarin di era modern saat ini

Kenapa kita harus menguasai bahasa asal Tiongkok tersebut? Padahal bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia untuk saling berkomunikasi. Dan apakah dengan menguasai bahasa mandarin akan berguna untuk kita di masa depan?

Alasan kuat kenapa kita harus belajar bahasa mandarin adalah karena pergerakan perekonomian secara global. Dimana, perekonomian Cina secara perlahan mampu bangkit dan saat ini telah menjadi kekuatan baru di sektor perekonomian dunia. Sehingga, banyak negara yang menjalin hubungan kerja sama dengan negara tersebut.

Dengan kata lain, sangat penting untuk kita menguasai bahasa mandarin. Terlebih, bahasa mandarin menjadi salah satu nilai investasi berupa pendidikan di masa depan yang sangat menjanjikan.

Lalu muncul sebuah pertanyaan umum, yakni: “Apakah mempelajari bahasa Mandarin itu sulit?”. Sejatinya mempelajari berbagai hal di dunia ini tidak ada yang sulit. Hal itu tergantung pada diri kita sendiri yang bersungguh-sungguh menguasai hal tersebut. Begitu juga dengan usaha keras mempelajari bahasa mandarin.

Sebagai informasi tambahan, bahwa bahasa mandarin saat ini juga telah diakui sebagai salah satu bahasa yang dituturkan dalam urusan internasional.

Dalam mempelajari bahasa mandarin, terdapat aturan tata bahasa, sama halnya bahasa Indonesia. Dengan terlebih dahulu kita mengenal seperti apa itu tata bahasa, maka dalam mempraktekkan bahasa mandarin kita akan sesuai dengan akidah yang baik dan benar. Selain itu, kita juga akan semakin mudah dalam menyusun suatu kalimat, baik lisan maupun tulisan.

Rahasia Besar Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin
Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang digunakan untuk urusan internasional
  • Berbicara

Rahasia besar pertama dalam menguasai bahasa mandarin adalah dengan belajar menghapalkan sejumlah kosakata sederhana yang kemudian diucapkan. Struktur kalimat dan tata bahasa merupakan hal yang penting. Akan tetapi satu hal yang sangat penting bagi seorang pemula adalah dengan menguasai beberapa kosakata dasar.

Berikut ini sejumlah kosakata dasar yang penting untuk kita kuasai terlebih dahulu:

  1. Siang = xià wǔ [sha woo]
  2. Pagi = zǎoshàng [zow shan]
  3. Sore/Malam = wǎn shàng [wan shan]
  4. Halo = nǐhǎo [nee how]
  5. Tidak = bú shì [boo sher]
  6. Ya = shì [sher]
  7. Apa kabar? = nǐ hǎo ma? [nee how mah]
  8. Terima kasih = xiè xiè [shee-yeh shee-yeh]
  9. Maaf = duì bu qǐ [dway boo chee]
  10. Saya baik-baik saja = wǒ hěn hǎo [wuh hen how]
  • Menulis dan Membaca

Setelah kita melewati tahapan pertama dalam mempelajari bahasa mandarin yakni berbicara. Langkah selanjutnya adalah dengan belajar menulis dan membaca. Hal penting dalam menguasai hal menulis dan membaca adalah Pinyin. Yaitu suatu sistem dalam penulisan bahasa mandarin yang menggunakan beberapa huruf dalam alfabet Romawi.

Selain Pinyin, kita juga wajib untuk mempelajari bagaimana caranya membaca beberapa karakter Hanzi. Dalam menulis karakter-karakter Hanzi merupakan suatu kemampuan yang terbilang kompleks dan membutuhkan tingkat kesabaran serta sedikit sentuhan seni.

Biasakan Diri Berbahasa Mandarin

Rahasia terakhir belajar bahasa Mandarin adalah dengan membiasakan diri berkomunikasi menggunakan bahasa asal Tiongkok tersebut. Hal itu menjadi cara yang terbaik dalam tahapan menguasai bahasa mandarin. Bagaimana tidak, hal itu bakal mendorong kita untuk memperbaiki beberapa aksen yang salah, dan berpikir lebih cepat.

Bahasa Mandarin
Belajar Bahasa Mandarin

Belajarlah juga dengan dibimbing langsung oleh penutur asli bahasa Mandarin. Dengan begitu, menguasai bahasa mandarin menjadi lebih cepat.

Bahasa Mandarin

Belajar Bahasa Mandarin Bagi Pemula

Bahasa Mandarin merupakan salah satu ragam bahasa di dunia, yang saat ini dapat dikatakan terbesar. Sehingga dengan kata lain, bahasa asli Tiongkok tersebut sudah sepatutnya untuk kita pelajar. Sebagai alasan, bahwa pada tahun 2010, masyarakat yang menggunakan bahasa itu telah mencapai angka 960 juta jiwa di seluruh dunia. Dengan banyaknya para pengguna bahasa Mandarin yang bahkan melebihi dari bahasa Internasional saat ini, yakni bahasa Inggris.

Bahasa Mandarin
Mempelajari Bahasa Mandarin bagi seorang pemula

Seiring dengan perkembangan Tiongkok di sektor ekonomi yang begitu pesat. Bahkan dijuluki sebagai Macan Asia. Menjadikan bahasa Mandarin banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia. Mempelajari bahasa Mandarin akan membuat kita semakin mudah dalam berbagai hal. Diantaranya menjalin hubungan bisnis, hingga di bidang pendidikan.

Dampak dari keadaan itu, membuat banyaknya tempat-tempat les bahasa Mandarin tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun, untuk mempelajari bahasa tersebut tidak harus mengikuti kursus di tempat les. Kita dapat menguasai bahasa Mandarin dengan cara otodidak. Adalah mempelajari dengan sendiri atau mandiri.

Lalu, langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mempelajari bahasa Mandarin secara otodidak? Simak ulasan lengkap dibawah ini, yang dapat membantu kamu dalam menguasai ilmu bahasa tersebut, meski mempelajarinya dengan sendiri.

Langkah-Langkah Belajar Bahasa Mandarin Bagi Pemula

Bahasa Mandarin
Langkah-langkah mempelajari Bahasa Mandarin untuk pemula
  • Kuasai PinYin

Langkah paling mendasar untuk kita menguasai ilmu bahasa Mandarin, terlebih kita merupakan seorang pemula adalah dengan terlebih dahulu belajar tentang PinYin. Sebagai informasi, bahwa PinYin adalah penulisan romawi dalam bahasa Mandarin yang mana digunakan sebagai bunyi-bunyi dari setiap huruf bahasa itu sendiri.

Tidak hanya itu, PinYin juga adalah salah satu bentuk dari penyederhanaan. Pasalnya, apabila kita seorang pemula yang mempelajari bahasa Mandarin di tempat seperti Taiwan. Kita tidak akan menjumpai pelajaran mengenai PinYin. Melainkan yang bakal kita pelajari adalah bentuk-bentuk dari huruf lain. Berguna dalam kita melafalkan huruf demi huruf dalam kata Mandarin.

Untuk sukses mempelajari bahasa Mandarin, pastikan kita dapat melafalkan berbagai huruf yang terdapat dalam PinYin dengan baik dan benar. Hal itu tentu sangat penting, mengingat banyaknya bunyi-bunyi dalam bahasa Mandarin yang tidak dapat diterjemahkan. Sehingga kunci dari keberhasilan kita untuk menguasai bahasa Mandarin adalah dengan terlebih dahulu memahami dengan benar tentang PinYin.

  • Pelajari Setiap Nada Dalam Bahasa Mandarin

Sebagaimana kita semua ketahui bahwa bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa bernada. Hal itu berarti bahwa sesuatu yang kita ucapkan dalam bahasa Mandarin, apabila salah dalam pelafalan nadanya, maka akan kata itu akan berarti berbeda. Sehingga sang pendengar akan salah dalam menerima kata yang kita maksud.

Penjelasan secara sederhanannya seperti ini. Bahasa Mandarin itu arti dengan nada yang diucapkan berbeda. Kata yang dimiliki dalam pengucapan dan penulisan yang sama dapat memiliki arti yang berbeda.

Contoh Mudah Percakapan Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin
Contoh percakapan dalam Bahasa Mandarin

A: 早上好,我的名字引入钟万学。你在这里也正在申请一份工作吗?(Zǎoshang hǎo, wǒ de míngzì yǐnrù zhōngwànxué. Nǐ zài zhèlǐ yě zhèngzài shēnqǐng yī fèn gōngzuò ma?) Selamat pagi, perkenalkan nama saya Basuki Tjahaja Purnama. Kamu disini juga sedang melamar sebuah pekerjaan?

B: 早上回来。是的,我在这里也申请工作。哦,是的,我的名字是维罗妮卡·坦。如果我可以知道你在哪?(Zǎoshang huílái. Shì de, wǒ zài zhèlǐ yě shēnqǐng gōngzuò. Ó, shì de, wǒ de míngzì shì wéi luō nī kǎ·tǎn. Rúguǒ wǒ kěyǐ zhīdào nǐ zài nǎ?) Pagi kembali. Iya, saya disini juga sedang melamar pekerjaan. Oh iya, nama saya Veronica Tan. Kalau boleh tahu, kamu pada bagian apa?

A: 问候谭。我在管理学领域中应用。如果你? (Wènhòu tán. Wǒ zài guǎnlǐ xué lǐngyù zhōng yìngyòng. Rúguǒ nǐ?) Salam kenal Tan. Saya melamar di bidang Administrasi. Kalau kamu?

B: 我在会计科。这是别人叫我的名字。我先肯定。祝你好运。(Wǒ zài kuàijì kē. Zhè shì biérén jiào wǒ de míngzì. Wǒ xiān kěndìng. Zhù nǐ hǎo yùn.) Aku di bagian Akunting. Itu nama aku sudah dipanggil. Aku duluan ya. Selamat berjuang.

A: 祝你好运 (Zhù nǐ hǎo yùn) Semoga berhasil.

Belajar bahasa mandarin pemula

Langkah Cepat Kuasai Bahasa Mandarin Bagi Pemula

Salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia selain bahasa Inggris adalah bahasa mandarin. Hal itulah yang menjadi alasan paling kuat untuk kita menguasai bahasa mandarin. Sebagai tambahan, hingga tahun 2010 lalu, jumlah pengguna bahasa Tiongkok tersebut telah mencapai angka 960 juta jiwa. Angka sebesar itu tidak hanya berasal dari dalam negeri (Cina), tetapi juga tersebar di berbagai belahan dunia.

Belajar bahasa mandarin pemula
Belajar bahasa mandarin bagi pemula

Dengan banyaknya para pemakai bahasa mandarin dari segala penjuru dunia yang bahkan telah melebihi dari bahasa Internasional itu sendiri. Menjadikan bahasa mandarin memiliki pamor yang tinggi. Ditambah dengan kemajuan perekonomian Tiongkok yang semakin meningkat hingga mendapatkan julukan sebagai Macan Asia.

Sehingga menguasai bahasa tersebut begitu penting di era modern saat ini. Demi memudahkan dalam menjalin bisnis maupun di bidang lainnya dengan Tiongkok. Adapun dampak dari kondisi sekarang ini adalah semakin menjamurnya tempat-tempat kursus bahasa mandarin yang tersebar di berbagai wilayah. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lainnya.

Dan bagi Anda yang saat ini baru saja memulai bagaimana caranya mempelajari bahasa mandarin yang konon katanya telah menjadi bahasa internasional. Silahkan menyimak langkah-langkah cepat yang dijelaskan secara terperinci berikut ini.

Ilmu Dasar Bahasa Mandarin

PinYin
PinYin merupakan ilmu dasar dalam bahasa mandarin
  • Pin Yin

Langkah paling dasar dalam menguasai bahasa mandarin bagi Anda seorang pemula adalah dengan terlebih dahulu menguasai pin yin. Apa itu? Pin Yin adalah penulisan romawi yang berfungsi sebagai bunyi-bunyi dari setiap kata dalam bahasa mandarin.

Lebih dari itu, pin yin merupakan salah satu dari bentuk penyederhanaan. Dimana apabila Anda mempelajari bahasa mandarin seperti salah satunya di Taiwan. Maka Anda tidak akan menjumpai pin yin, melainkan yang bakal Anda dapatkan adalah bentuk-bentuk lain dari huruf bahasa mandarin. Namun dengan tujuan yang sama yakni melafalkan sebuah kata dalam bahasa mandarin.

Sehingga, Anda wajib untuk melafalkan sebanyak mungkin huruf-huruf yang ada di dalam Pin Yin. Dengan catatan, Anda melafalkannya dengan baik dan benar. Hal itu tentu sangatlah penting, mengingat terdapat banyak bunyi dalam bahasa asli Tiongkok yang tidak dapat diterjemahkan dan bahkan tidak terdapat kamus bahasa Indonesia.

Nada Dalam Bahasa Mandarin

Setelah Anda menguasai ilmu dasar dalam mempelajari bahasa mandarin yakni pin yin. Langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari nada dalam bahasa tersebut. Perlu diketahui, bahwa bahasa mandarin merupakan salah satu jenis bahasa yang memiliki nada. Itu artinya  bahwa apabila Anda melafalkan huruf atau kata dengan nada yang salah, maka makna dari kata tersebut akan berbeda ketika lawan bicara Anda mendengar.

Nada bahasa mandarin
Nada-nada dalam bahasa mandarin

Bahasa mandarin memiliki empat jenis nada yang berbeda. Jika Anda berpikiran bahwa dalam mempelajari keempat nada tersebut akan terasa sulit, terlebih membedakan keempatnya. Maka anggapan seperti itu dapat dikatakan benar. Terlebih bagi Anda yang merupakan seorang pemula.

Akan tapi hal itu bukanlah hal yang akan menjadi penghalang Anda dalam mempelajari bahasa mandarin. Mengingat sebuah proses itu sangat penting. Anda hanya cukup berlatih dan membutuhkan jam terbang. Adapun keempat nada dalam bahasa mandarin sebagai berikut:

  • Nada Satu

Nada satu adalah nada yang datar atau tinggi. Artinya, bahwa Anda cukup mengucapkan satu kata dengan nada tetap, tidak naik ataupun turun. Contohnya dalam mengucapkan kata “ma”, “ya”, simbolnya adalah “mā”

  • Nada Dua

Sementara untuk nada dua merupakan nada yang meningkat. Itu artinya, ada peningkatan nada pada saat Anda mengucapkan kata. Layaknya bahasa Indonesia ketika Anda bicara “Hah”. Adapun simbolnya adalah “má”

  • Nada Tiga

Nada tiga adalah nada yang yang melengkung dari atas lalu kebawah dan kembali keatas. Untuk penggunaan simbol pada nada ketiga ini yakni “mǎ”.

  • Nada Empat

Terakhir, nada empat merupakan nada yang terdengar menurun, dengan kata lain dari atas kemudian kebawah. Simbol dari nada ini adalah “mà”.